UNIPMA Ditunjuk Sebagai Pusat Penyelenggara Pelatihan, dan Sertifikasi IT Bertaraf Internasional  

Universitas PGRI Madiun (UNIPMA) melalui UPT Komputer sukses dalam penyelenggaraan program pelatihan, dan sertifikasi IT bertaraf Internasional selama dua tahun berturut-turut. Pada tahun 2024 ini merupakan pelaksanaan tahun ketiga. Program ini di inisiasi sebagai upaya dalam meningkatkan mutu lulusan, sekaligus sebagai salah satu kelengkapan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) bagi mahasiswa. UNIPMA memiliki sertifikat atau lisensi yang disebut dengan Certiport Authorized Testing Center (CATC) yang berarti Certiport sebagai portal penyedia layanan sertifikasi berstandar global terkemuka secara resmi menunjuk UNIPMA sebagai Pusat Penyelenggaraan Sertifikasi IT Internasional yang pertama, dan saat ini satu-satunya di Kota Madiun.

Kegiatan dimulai dengan pelatihan IT di laboratorium komputer, didampingi oleh instruktur profesional. Pelatihan IT tersebut menggunakan platform berskala global (GMetrix) yang akan memudahkan para peserta dalam mempersiapkan ujian atau sertifikasi IC3 Digital Literacy. Skema sertifikasi IT dibidang Internet and Computing Core Certification (IC3) Digital Literacy merupakan salah satu layanan sertifikasi yang tersedia di Certiport. Program sertifikasi IT tersebut diikuti tiap tahunnya lebih dari 1000 peserta dan bertempat di 9 laboratorium komputer kampus dengan didampingi oleh masing-masing proctor pada tiap labnya. Proctor yang dilibatkan terdiri dari dosen, dan karyawan UNIPMA yang telah tersertifikasi secara internasional dibidang Internet and Computing Core Certification (IC3) Digital Literacy.

b

Pelatihan, dan Sertifikasi IT Bertaraf Internasional (IC3 Certiport) di Laboratorium Komputer UNIPMA

Kepala UPT Komputer, Andria, M.Kom., MTA., MCE., MOS., MTCRE., CITPM., menyampaikan bahwa pentingnya sertifikat kompetensi IT bagi mahasiswa dalam upaya meningkatkan mutu lulusan sekaligus sebagai bekal persiapan menghadapi persaingan di dunia kerja, terlebih di era digitalisasi saat ini. Program ini juga terbuka untuk publik, dan tentunya dapat digunakan sebagai pelengkap portofolio, meningkatkan kompetensi terkait pemahaman literasi digital mengenai Internet dan Komputer sekaligus menjadi pengalaman peserta dalam mengikuti sertifikasi IT bertaraf Internasional. Peserta yang lolos sertifikasi tersebut akan langsung mendapatkan e-sertifikat yang diakui oleh banyak negara sehingga hal tersebut tentu dapat menambah value serta menumbuhkan kepercayaan diri dalam berkompetisi di dunia kerja.

Program sertifikasi IT tersebut berlangsung hingga akhir tahun dan terbuka untuk umum. Masyarakat dapat mendaftar dengan mengakses web yang beralamatkan di https://ukk.unipma.ac.id untuk informasi lebih lanjut.