Penyelenggaraan Sertifikasi IT Bertaraf Internasional 

Universitas PGRI Madiun (UNIPMA) melalui UPT Komputer menginisiasi penyelenggaraan sertifikasi kompetensi IT bertaraf Internasional. Hal tersebut sebagai salah satu upaya peningkatan mutu lulusan sekaligus sebagai salah satu kelengkapan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI). Certiport sebagai portal penyedia layanan sertifikasi berstandar global terkemuka secara resmi menunjuk UNIPMA sebagai Pusat Penyelenggaraan Sertifikasi IT Internasional yang pertama dan saat ini satu-satunya di Madiun.

a

Serah terima Sertifikat Certiport Authorized Testing Center (CATC) kepada UNIPMA sebagai pusat penyelenggara sertifikasi IT Bertaraf Internasional

 

Skema sertifikasi IT dibidang Internet and Computing Core Certification (IC3) Digital Literacy yang merupakan salah satu layanan sertifikasi yang tersedia di Certiport. Program sertifikasi IT tersebut diikuti lebih dari 1000 peserta dan bertempat di 9 laboratorium komputer kampus dengan didampingi oleh masing-masing proctor pada tiap labnya. Proctor yang terlibat sejumlah 20 orang yang terdiri dari dosen dan karyawan UNIPMA yang telah tersertifikasi secara internasional dibidang Internet and Computing Core Certification (IC3) Digital Literacy.

b

Sertifikasi IT Bertaraf Internasional (IC3 Certiport) di Laboratorium Komputer UNIPMA

Kepala UPT Komputer, Andria, M.Kom., MTA., MCE., MOS. menyampaikan bahwa pentingnya sertifikat kompetensi IT bagi mahasiswa dalam upaya meningkatkan mutu lulusan sekaligus sebagai bekal persiapan menghadapi persaingan di dunia kerja, terlebih di era digitalisasi saat ini. Sedangkan urgensinya bagi masyarakat umum, program sertifikasi IT tersebut dapat digunakan sebagai portofolio, meningkatkan kompetensi terkait pemahaman literasi digital mengenai Internet dan Komputer sekaligus tentunya menjadi pengalaman peserta dalam mengikuti sertifikasi IT bertaraf Internasional.  Peserta yang lolos sertifikasi tersebut akan langsung mendapatkan e-sertifikat yang diakui oleh banyak negara sehingga hal tersebut tentu dapat menumbuhkan kepercayaan diri dalam berkompetisi didunia kerja.

Program sertifikasi IT tersebut berlangsung hingga akhir tahun dan terbuka untuk umum. Masyarakat dapat mendaftar dengan mengakses web yang beralamatkan di https://ukk.unipma.ac.id untuk informasi lebih lanjut.